montherhood : " bagaimana mengembangkan kemandirian pada anak"

   melihat keadaan kesehatan dan banyak faktor untuk hamil lagi dan punya anak perempuan hanya 20% aja impian itu bisa tercapai. dan sekarang saya punya 3 orang anak laki2, dan pekerjaan rumah yg banyak membuat aku ingin anak perempuan untuk menolong di rumah,

kadang aku berpikir bagaimana rasanya punya anak perempuan dan dia berkata "mi..kakak yg cuci pinggan ya...!!! peuwh...rasanya ada yg meletup2 di dada.

jadi kuputuskan untuk mentrain ke  3 putraku untuk menolong ku di rumah, di mulai dari karakter ingin tahu mereka.

anak2 punya "karakter emas" saya kata karakter emas karena melalui karakter ini kalau kita bisa ajar mereka dengan betul ini akan menjadi karakter mereka ketika besar nantinya.

yg saya lakukan adalah :



  1. melalui karakter mereka yg selalu suka bertanya : cth mereka suka bertanya - apa itu, buat apa mi...,  jadi melalui perbuatan kita mereka melihat,bertanya dan melakukannya. cthnya saya lagi sapu rumah kemudian mencedok sampahnya dan membuangnya ke dalam keranjang sampah, lalu mereka melihat dan bertanya mumy buat apa? saya jawab "mumy sapu rumah,kumpul sampahnya dan membuang ke dalam basket sampah, dan akhirnya marshall melakukan persis yg aku buat, next time aku akan ambil gambar dia.
  2. waktu lagi basuh baju sekolah saya tdk menggunakan mesin basuh (supaya tdk rusak dan berbulu) anak2 melihat dan bertanya kemudian saya tuntun mereka buat mencuci baju sendiri sambil kasi tau kalau tdk semua baju bisa di masukkan ke dalam mesin basuh.
  3. dan banyak lagi kegiatan ssehari2 yg bisa kita ajarkan pada anak2,karena mereka melihat dan kemudian melakukannya.

karakter emas ini yg perlu kita tuntun dengan benar sehingga nantinya mereka akan terlatih buat membersihkan atau bisa kita harapkan menolong kita buat kerja di rumah.

dan yg terpenting adalah waktu mereka jatuh sedang berlari atau melakukan aktivity lainnya jangan angkat mereka dan berkata kasian itu akan membuat mereka manja dan tdk mandiri,suatu saat nanti waktu mereka sedang "down" mereka ngak bisa bangkit sendiri buat mengatasi masalah mereka, 

bukan bererti kita jahat membiarkan anak jatuh dan tdk menolong mereka,secara naluri kita mau menolong tapi hasil akhirnya nanti akan membuat anak manja dan tdk bisa mengatasi atau sulit buat bangkit dari keterpurukan hatinya.

dan di sertai Doa setiap harinya buat anak2, ini Doa yg kupanjatkan setiap harinya buat anak2 ku tercinta.  
" Tuhan Yesus ampuni aku kalau aku tdk dapat menjadi ibu yg terbaik buat anak2-ku,tapi aku mau terus mengejar hikmat yg dari pada-Mu dalam membimbing anak2ku mencapai "panggilan - mu" dalam hidup mereka, berkati mereka dengan hati yg mencintai Engkau,hati yg mau di bentuk oleh Engkau,berikan mereka hikmat dan kepintaran dalam persekolahan supaya mereka tdk menjadi bodoh dan mempermalukan Engkau,biar Roh-Mu tinggal dalam hatinya dan Firman-Mu tertanam dalam loh hati yg paling dalam,berkati anak3-ku dengan kesehatan Tuhan Yesus, Engkau yg memberikan mereka kepada kami maka Bapa jugalah yg memenuhi segala keperluan mereka melalui berkat Kau berikan, Tuhan Yesus setiap hari aku menyerahkan anak3-ku ke dalam tangan-Mu   amin.......

dengar doaku Tuhan dan tolong aku menjadi ibu yg terbaik buat anak3-ku

0 ulasan:

Posting Komentar