"AKTIVITAS KU SETIAP HARINYA"

erm...dulu kita pikir tugas menjadi ibu rumah tangga itu menyenangkan.duduk diam di rumah,dan tiap bulan dapat duit uhehehheehe,sekarang uda jadi istri dan ibu rumah tangga,baru ngerasain ternyata tdk mudah,melelahkan,penuh tangggung jawab dan terpenting adalah bukan hanya berbicara mengenai reputasi ibu yg berhasil,tapi karakter apa yg kita buat,dan tempahkan dalam kehidupan anak-anak kita,


aku punya 3 orang putra,tentunya sikap mereka amat berbeda,meskipun putra pertamaku itu kembar.ok mungkin banyak ibu2 di luar sana yg lebih sibuk dari aku,tapi yuk kita sama-sama berbagi...






  • setiap paginya aku bangun jam 5.30am,masak sarapan,dan bekal suamiku,(kecuali klu time anak-anak sakit,aku boleh bangun lambat,krn suamiku tdk mau aku kurang istirahat)
  • aku paling suka moment time my beloved husband mo berangkat kerja,heehhe pasti ada kecupan hangat di bibir,dan klu romantisnya dady lg datang,dia akan kecup bibir,kening plus belai rambut gue,uhehehhe best la....)
  • time ini aku gunakan utk berdua dgn Tuhan,mumpung anak-anak belom bangun,
  • nah..di time nie aku bersih-bersih rumah,mop lantai,sambil denger lagu rohani or khotbah,paling demen ama khotbah jeffrey rachmat,soale membangun karakter  tu khotbahnya,ok la ambil menyelam minum air.
  • biasanya sih anak-anak udah bangun jam 8-an,dan di mulailah memperhatikan pangeranku,c marshall bangun trus turun and panggil gue dulu,mastiin mumynya ada dimana,trus minta susu,c maxwell bangun hal yg di lakukannya kasi mati acond,itu otomatis mesti dia buat.klu yg c pudank biasala bangun trus owek-owek...alias nangis hehehe
  • selesai minum susu,aku bawa anak2 duduk di kaki Yesus mengucap syukur karena mereka udah bangun dari tidur,baru sarapan pagi,lepas tu anak-anak kasi main di halaman,biar durang berleluasa meneroka dunia luar.sambil sedikit sukan sih...(main bola or bicycle)
  • time durang main di halaman,aku harus ambik kesempatan jemur kain,dalam sehari biasanya aku cuci kain tu 2x sehari,anak-anak sebentar-2 ganti baju,apalagi marshall tdk suka klu bajunya itu ada sedikit basah or kotor kena susu or apalah,mesti minta ganti baju.
  • jam 9-an klu matahari sudah muncul adalah time anak-anak mandi,(kenapa harus muncul matahari baru mandi?ntar di berikutnya).time mandi paling bising di rumahku,anak2 suka main air,paling susah tu klu brus gigi,
  • abis mandi n mau pakekan baju yg bestnya melihat c marshall pilih baju sendiri dan pakai baju sendiri,rasanya bangga banget,umurnya baru 2 tahun lebih,tapi dia lebih mandiri,dan anak2 paling bangga klu dia udah pake celana katak(celana dalam laki2)katanya "mumy abg udah besar ada celana katak,like dady" uhehehehe lucu banget mereka. tdk lupa kasi vitamin c or scot emulsion.
  • baru deh anak2 duduk di kerusi,aku buka youtube n kasi mereka belajar abc n 123,dan kasi dengar lagu rohani or belajar warna-warna dari youtube,ini bagus banget buat ibu2 yg super sibuk,jadi kita bisa buat kerja lain,dan anak2 boleh belajar,sekarang c kembar udah pandai abc,123,warna warni,dan suka dance klu lagi dengar musik kegemarannya,bisa nyanyi "Bapa trimakasih,haleluya,dan lagu2 sekolah minggu lainnya,)sementara gue bisa bersih2 dapur and buat kerja lainnya
  • saat ini aku ada kerja tambahan,krn putraku yg paling kecil baru pisah susu badan,dia sangat cengeng n manja,tdk mau makan or minum susu botol,setelah 1,7 tahun dia minum susu badan,susah banget mau lepasin dia,awlnya sih tdk masalah klu dia masih ASI sampe usia 2 tahun,tapi suatu hari dia gigit n terpaksa aku harus hentikan,karena waktu di isap sakit banget,n luka tu tdk sembuh2 klu di hisap trus,(c pudank cuma isap satu payudara,yg sebelahnya dia ngak doyan uhehee) akhirnya badannya kurus banget,setiap bangun tidur di habiskan dengan nangis,aku tdk tahan liat kondisinya tapi terlanjur aku udah minum ubat kasi henti susu,sudah 3 hari dia tdk menyusu badan,dan dia masih nangis minta di susui,seolah separoh jiwanya hilang (hahaha kaya lagu anang aja),yup tapi itu di rasain dia,semuanya terasa hampa tanpa susu badan,jadi aku harus pegangin dia n paksa minum susu botol,walau kadang dia berkata "tak,tak n lempar tu botol",kadang dia tarik2 baju sambil nangis minta susu,bahkan kadang sampe mukul2 gue uahahah pegal ngak di kasi nenen,hehe,jadi aku akalin aja,kasi perahan daun paria di seputar puting,jadi waktu dia hisap,terasa pahit n tdk mau lagi,hal ini lakukan terus menerus klu tdk dia akan kejar kita balik,n paksa minta nenen,nah pas dia ngak mau trus sodorin susu botol,n sekarang aku harus buai dia,(ayun),karena dia banyak nangis jadi kasi dia happy dengan di buai di ayunan,manjur sih...cuma kita tambah kerja mesti ayunin dia sambil nyanyi sampe dia tidur hehe.
  •  c kembar klu udah jam beginian mesti buat aktivity sendiri,main toys dia,or manjat-manjat di tangga,naik turun tangga,n aktivitas yg bahaya,di sini aku harus punya mata 1000 perhatiin tingkah laku mereka,belom lagi kadang mereka minta air minum n main air di lantai trus lantai licin,aku cepat2 nih kasi lap lagi sebelom ada kepala yg terjatuh di lantai,bahaya banget se usia ini,mesti 100% di perhatiin,tdk boleh terlalu di marah,karena mereka kagak ngerti,tapi klu mereka di ajarin pelan2 hasilnya memuaskan,cth klu lagi kemas bilik tidur aku akan bawa mereka turut serta,jadi mereka terbiasa kemas bilik tidur,n klu ada air di lantai kadang c kembar punya inisiatif sendiri ambil kain lap,n lap itu susu or air yg tumpah di lantai,kemas toys nya,kemas kasut,selipar di letak pada tempatnya,menolong banget buat gue,karena aku punya prinsip biar anakku semua cowok,mereka mesti mandiri,menerapkan kebersihan diri,jadi klu ada sedikit kotor mereka akan trus kasi bersih,ngak jarang klu aku lagi penat,c marshal akan tegur aku n cakap"mumy kotor la,come jaga kebersihan..."heheh kadang malu gue di ingetin anak sendiri.
  • kadang klu aku super sibuk aku suap deh anak2,heheh potong buah apel or anggur kasi duduk depan tv pasang HI 5,mereka akan duduk diam sambil makan tu buah,jadi aku ngak penat pasang 1000 mata,hehehe
  • kalau utk mengurus diri sendiri time anak2 tidur siang,aku ambil masa urus diri hhehehehe
  • utk urusan setrika pakaian aku agak bebas,suamiku kasi aku kebebasan pakaian rumah tdk di setrika,jadi yg di setrika itu cuma baju ke gereja aja uahahha,ada tips nie,baju kemeja or baju apalah,klu udah kering trus di lipat cantik2,kemas,sampe licin2 gitu,trus di simpan di lemari hasilnya pas kita mau pake tu baju seperti di setrika hehe jimat energi jimat biaya jimat masa hehehhe
  • anak-panak juga di ajar utk menjaga perabot yg ada di dalam rumah,ngak gampang da butuh masa yg panjang,tapi hasilnya memuaskan,mereka bisa hargai itu perabot,cthnya aku punya bunga,n bilang ama anak2 supaya jaga flower mumy,biar dia cantik, jadi tiap kali anak2 mau kasi main tu bunga,trus ingetin balik "jaga flower mumy" lama kelamaan mereka akan terbiasa jaga tu bunga.
  • anak-anak paling suka klu aku masak kue or kek,uahahahha mereka akan tanya "mumy masak apa?",klu aku jawab masak kue, anak2 akan menjawab "ui ...mumy masak sedap..." lucu banget ekpresinya waktu berkata mumy masak sedap.
  • aku juga menyediakan "rotan",fungsinya utk mengajar,jadi klu mereka saling memukul tangannya kena rotan,n suruh mereka saling minta maaf,berpelukan satu ama yg lain,salah seorg selalunya tdk mau mengalah,tp kita harus tegas mengajar mereka saling memaafkan.
  • ada satu perkara yg buat aku di berkati,saat suamiku memarahi/memukul anak2,setelah masalah anak-anak selesai,suamiku akan memeluk mereka,mencium anak2 sambil mereka,"kamu tahu knp dady pukul kamu?,anak2 hanya diam...,karena dady mau mengajar kamu yg benar,dady minta maaf ya sayang,dady udah pukul abg/adek.terharu banget lihat situasi kaya gitu.
  • kenapa anak2 mandi setelah matahari terbit,dan mandi petang sebelum matahari terbenam,?krn anak gue itu sensitif terhadap cuaca lembab,mereka akan di serang flu,batuk,demam,dan akhirnya asma/semput,tapi puji TUhan setelah mereka besar asmanya tdk ada lagi,sudah makan vitamin sih,tapi sampai sekarang mereka masih belom tahan ama udara lembab.
  • tidur tengah hari wajib banget buat anak2,jam 1 - 3 petang,klu udah bangun minum susu lagi,makan,n main di halaman,petang biasanya aku pergunakan juga sambil memelihara tanaman apotek di rumah,hihihih ada  pohon halia,kunyit,sree,cili,kecil2 aja,cuma dalam pot,soale tak da tanah uahahahha.
  • anakku klu dengar lori sampah trus jerit,"mumy sampah,mumy sampah",kebiasaan burukku keluar kalau lori sampah tdk datang2,sampah menumpuk n berbau,anak2 tdk boleh main di halaman,banyak lalat,jadi aku mesti menggerutu,"nih lori tak datang2 sih.....,"uhahahhaa anak2ku tahu itu,jadi kalau lori udah datang,mereka akan berkata,"mumy sampah".
  • paling best hari sabtu,kami sekeluarga "spend time",biasanya kami pergi ke playkids,taman or makan....hehehe moment seperti ini yg buat anak2 ngak sabar menunggu hari sabtu.
  • setiap jam 8 malam,kami akan duduk bersama,baca Alkitab dan doa sambil bergandengan tangan,yg di pimpin oleh suamiku.
  • jam 9.30 malam waktu anak2 tidur,klu udah tidur,baru deh "dating" ama suami gue,biasanya kami habiskan nonton movie,bercerita sambil makan buah,best la....sambil peluk dia,n kita cerita tentang anak2,masa depannya,pokoknya ada aje bahan pembicaraan yg hangat.time anak2 bangun jgn buat hal2 yg ngak pantas di depan anak2 dengan suami,krn suatu hari suami gue lagi peluk n belai gue,trus c marshall datang n berkata "dady buat apa? uahaha terkejut kami atas pertanyaanya,trus suamiku bilang,"dady love-love mumy sayang...dan anda tahu,hal yg dia lihat tadi dia buat ke adiknya,persis seperti yg kami lakukan,nah..ini bahaya nie..moral anak2 mau di jaga,kami tdk menyangka usia 2,8 tahun udah ngerti love-love,jadi para org tua harus hati2 dalam bersikap di depa n anak2.
  • setiap hari setiap anak di khususkan,maksudnya klu hari isnin marshall itu paling di sayang n di perhatikan,besoknya maxwelll,dan seterusnya seperti itu,biar tiap hari mereka itu merasa special dan berharga,dan ada kalanya aku juga dituntut utk adil...sehingga tdk mengecilkan hati anak2ku yg lainnya,
  • yah...banyak aktivitas lain yg tdk tersenaraikan,seperti ibu2 lainnya,pekerjaan rumah tangga ngak habis-habisnya,penat tapi indah di lalui dengan Yesus....,ribet sih klu anak2 udah sakit,udah itu anak2 ku kalau sakit tu selang 2 hari,hari ni marshall,2 hari lagi maxwell,2 hari lagi c pudank,trus bersamaan sembuhnya,uhahahahaha pening,penat,agak naik tekanan,karena makan tak sempat,yg ada anak2 pada nangis,urus muntahnya lagi,kasi ubat,malam tdk bisa tidur,apalagi kalau demam,paling gue takut....,wah....elus dada dechm pokoknya,sampe suami gue bilang,"sabar sayang..benginilah dulu orang tua kita urus kita"sejuk hati gue dengarnya,belom lagi tengah malampun kadang kami harus pergi ke hospital,memastikan anak2 kami penyakitnya hanya demam biasa.
  • pantas saja firman Tuhan berkata"hormatilah ayah dan ibumu upaya lanjut umurmu di tanah yg di berikan Tuhan Allahmu kepadamu"firman Tuhan ampe bilang kita akan pendek umur klu tdk menghormati org tua kita,yah..karena itu,mendidik,menjaga,membuat merasa aman,moralnya,pendidikan,materi dan semua kebutuhan baik fisik n mentalnya,ada pada tanggung jawab org tua,jadi yg namanya orang tua itu pantas mendapat penghormatan,setuju ngak ibu2 n bapak2?
  • menjadi orang tua adalah amanat agung yg Tuhan percayakan,mempersiapkan anak kita utk Dia pakai bagi kemuliaanya....enjoy the parenthood.......:) 

berkatilah Tuhan para orang tua,utk melakukan amanat agung yg Tuhan udah berikan bagi kami,utk merawat,mendidik anak2 yg Tuhan pinjamkan bagi kami,tolong kami ya Tuhan,berikan kami hikmat,kesabaran,pengertian dalam menghadapi anak2 kami,sehingga kami di temui tdk bercacat dan bercela sebagai orang tua yg bertanggung jawab,di hadapan-MU...amin

0 ulasan:

Posting Komentar