"bagaimana c kembar belajar memakai baju sendiri'

    waktu habis mandi adalah waktu paling sibuk buat saya,karena harus mengejar satu demi satu anak2 saya untuk memaikannya pakaian.
setiap kali sehabis mandi pasti aku dan anak2 akan saling bekejar-kejaran,makin di panggil semakin mereka berlari dan itu membuat saya naik marah,karena takut mereka akan masuk angin,

 jadi aku memutuskan untuk mentrain  mereka buat pake baju sendiri,
cara yg saya pake adalah


  1. saya beli lemari anak yg terbuat dari plastik dan dia anak 5 tingkat,tingkat pertama saya isi pampers dan celana dalam mereka. tingkat ke dua khusus buat celana dan itu saya pisah antara celana panjang dan pendek, tingkat ke 3 baju yg terdiri dari susunan baju lengan panjang,lengan pendek dan baju yg tdak ada lengan.tingkat berikutnya saya isi khas buat baju jalan,tingkat yg terakhir tempat aksesori anak2,yg terdiri dari lotion,minyak rambut,tali pinggang,minyak kayu putih,parfum,
  2. saya ajari anak buat ambil baju dan celana sesuai urutannya,dan susunan massing2. setiap kali sehabis mandi biasanya saya yg menyediakan pakaiaan buat mereka pakai,dan setelah saya ajar mereka buat mengambil dengan benar,setiap kali sehabis mandi mereka akan mengambil sendiri pakaian yg mereka kehendaki,dan mereka tahu dimana mereka harus mengambilnya.
  3. bahkan kalau banyak kita memiliki banyak masa,saya juga mengajar mereka buat melipat baju sendiri dan menyusun pakaian mereka ke lemari.
  4. setelah itu saya kenalkan mereka apa itu baju lengan panjang,pendek,dan baju yg tidak memiliki lengan,membandingkan seluar panjang dan pendek,
  5. setiap kali memakaikan baju saya minta anak2 buat melihat gambar yg ada di baju n itu menjadi patokan mereka,dan mereka berhasil memakai baju dengan benar,tapi suatu hari ada baju yg tdk memiliki gambar dan mereka bingung dan berkata "mumi ini tak da gamba la..."  ,saya tersenyum sambil sedikit bingung bagaimana cara buat mereka bisa pakai baju yg tdk ada gambarnya,akhirnya saya cuma diam dan lihat bagaimana reaksi mereka,ternyata baju itu terbalik yg seharunya di depan jadi kebelakang,kemudian saya ada ide buat mencari logo baju yg ada pada leher baju,dan itu menjadi patokan dan akhirnya berhasil
  6. untuk memakai celana,saya bentangkan celana di lantai dan dan kasi tahu kalau ada lubang yg terdapat di celana satu buat kaki kanan dan satu buat kaki kiri, dan mereka dengan cepat bisa melakukannya.
  7. kemudian untuk baju yg memakai butang,saya ajarin buat pegang butang dulu dan cari lubangm,kemudian masukkan butang ke dalam lobang,cara ini berhasil tapi memerlukan masa yg banyak,dan dalam hal ini bisa melatih kesabaran mereka,dan mereka berhasil melakukannya dengan baik

sekarang c kembar sehabis mandi langsung ambil pakaian dan memakainya sendiri.itu sangat menolong saya dalam hal masa,

0 ulasan:

Posting Komentar