aku merasa hampir menjadi manusia yg sesat waktu aku memikirkan hal ini. apa yg membuat berpikir tentang hal ini adalah ketika anak2 membesar, umur 1 hari sampe 2 tahun itu tdk menjadi masalah  bagi saya,tetapi ketika ia memasuki usia 3 tahun itu menjadi satu masalah yg sangat membuat saya tertekan.


percayakah anda kalau ada sebagian dari sikap anak yg begitu sulit untuk di rubah, dengan kata lain ada satu dari berjuta sikap anak yg begitu sulit buat di perbaharui. awalnya aku  berpikir mungkin masalah waktu atau setiap anak mempunyai "mangkuk" tertentu sehingga kadang membatasi mereka untuk menangkap satu pelajaran.


tetapi suatu hari membuat saya berpikir seperti ini "mungkinkah ada anak yg tidak bisa di didik" ini bukan menceritakan anak orang lain,tapi anak saya sendiri,saya tidak mengklaim mereka sebagai anak yg tidak bisa dididik,atau menempatkan satu simbol yg menyakitkan buat mereka, tidak...saya terus memperkatan perkataan yg baik dan  membangun buat mereka.
mereka bisa di didik tapi ada satu sikap yg mereka ngak bisa atasi,saya tdk tahu apakah itu perbuatan yg di sengaja atau tdk di sengaja.bukan sekali atau dua kali tapi tiap kali kami berada di tempat ramai or di luar dari rumah.


suatu hari seorang teman datang kerumah dengan membawa 2 orang putranya. tanpa harus heboh ibunya menyuruh mereka duduk diam n mereka melakukannya,waktu di beri makan mereka makan dengan teratur n tenang, saya tanya ibunya bagaimana dia melatih anaknya sedemikian rupa boleh taat. dan jawapan ibu sangat membuat saya "panik dan malu"
dengan santai dia bilang "saya tdk pernah memaksa mereka melakukan sesuatu yg saya mau,tapi saya buat apa yg mau mereka lakukan buat saya,mereka melihat dan kemudian dengan kerelaan hatinya melakukannya buat saya"


kweng kweng kweng........... saya merasa lutut saya lemas,semudah itu kah....?????? sementara saya merasa kalau diri saya udah berusaha maksimal dengan sekuat tenaga mentrain anak2,melatih mereka hal2 yg baik dari kecil dengan harapan mereka akan terbiasa dengan hal yg baik dan mereka bisa hidup dalam patokan Firman Tuhan,ya...saya merasa udah sedaya upaya tapi buah yg saya hasilkan itu sangat kecil n kadang2 tidak berbuah sama sekali,aku syok mendengar jawapan ibu tadi.


kemudian Tuhan ingatkan aku akan Firman-Nya dalam



Matius 7:12Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.


wow..ibu itu hanya mempraktekkan matius 7 : 12 kepada anak2nya,dan ia menuai buah yg sangat indah...


hatiku perih dan menjerit di hadapan Tuhan dan berkata sebegitu mudah kah ia menabur dan menuai buahnya. sedangkan aku terlalu banyak bicara sampe berbuih2 ni mulut,di ajar lembut,dengan kasih dan semua cara yg aku tahu aku sudah lakukan buat mentrain anak2,anda tahu apa buahnya.....????


hanya di rumah aku bisa menuai buahnya,tapi waktu di luar atau di rumah orang anak berubah  menjadi liar dan tidak terkendalikan, itu yg membuat aku berpikir kalau ada sikap terntentu yg tidak bisa di train dari anak2 kita. itu yg buat saya tertekan,kok di rumah anak2 semua find aja n di luar kok jadi anak yg tidak di ajar sama orang tua nya,itu buat saya malu n beberapa minggu ini saya menjauh dari semua orang,saya malu pada diri sendiri dan malu sama teman2 yg saya udah promosiin group godly parenting,karena temen2 ternyata lihat buah yg di hasilkan berbeda jauh dari semua kata2 n nasihat or tanggapan2 saya tentang masalah mereka dalam melatih anak2.


aku terintimasi habis2-an,aku tertunduk sambil semua kata2-ku tentang melatih anak2 terbentang di pikiranku,oh Tuhan salahkah sudah caraku selama ini, dan Tuhan ingatkan aku akan sebuah buku yg pernah aku baca.


"cetakan diri kita cuma ada satu,karena waktu Tuhan menciptakan kita Dia menghancurkan cetakan yg di pakai untuk mencetak kita,sehingga tidak ada lagi yg seperti kita,dan hanya kita di dunia ini yg seperti kita,aku adalah aku dan tidak ada orang lain yg seperti aku"

2 Raja Raja 18:5Ia percaya kepada TUHAN, Allah Israel, dan di antara semua raja-raja Yehuda, baik yang sesudahdia maupun yang sebelumnya, tidak ada lagi yang sama seperti dia.
22 Raja Raja 23:25Sebelum dia tidak ada raja seperti dia yang berbalik kepada TUHAN dengan segenap hatinya, dengan segenap jiwanya dan dengan segenap kekuatannya, sesuai dengan segala Taurat Musa;dan sesudah dia tidak ada bangkit lagi yang seperti dia.

yah..aku ingin anak2 ku seperti "isaiah" yg temennya mumy timmy,aku pengen anak3 ku seperti anaknya si ini dan si itu, sementara tanpa aku sadari kalau anak2 ku itu berbeda,mereka itu beda cetakan,lalu aku berkata Tuhan salahkah selama ini aku menginginkan anak3 menjadi seperti yg tokoh2 yg baik di atas, lalu bagaimana aku mengajar anak2 ku,cara apa yg harus kulakukan????


Tuhan kasi aku ayat ini :

(26) Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.(26) Maka kamu Kuberikan hati yang baru dan pikiran yang baru. Hatimu yang sekeras batu itu akan Kuganti dengan hati yang taat.(26) A new heart will I give you and a new spirit will I put within you, and I will take away the stony heart out of your flesh and give you a heart of flesh.
(27) Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.(27) Roh-Ku akan Kucurahkan ke dalam hatimu dan kamu akan Kujaga supaya hidup menurut hukum-hukum-Ku serta mentaati segala perintah-Ku.(27) And I will put my Spirit within you and cause you to walk in My statutes, and you shall heed My ordinances and do them.



A NEW HEART........
hati yg baru dan roh yg baru,anda tahu pertanyaan apa yg timbul dalam hatiku dari ayat ini?? 


"apakah Tuhan created hati dan roh yg salah buat anak2-ku?????"


anda pasti tau jawapannya, yah..tentu tidak..
Tuhan tdk pernah salah dalam hal apapun itu Dia tetap benar...


pernahkah anda mendengar kata " duri dalam danging dan tahukah anda apa maksudnya???
 yah...sekarang aku mengerti perkataan " yg dari dalam diriku aku boleh kawal tapi yg dari luar diriku tidak bisa aku kawal,jadi untuk mempengaruhi sekelilingku dengan kebaikan adalah mengendalikan diriku dari perbuatan jahat waktu orang lain berbuat jahat kepadku dan mereka melihat perbuatanku dan kemudian bisa memberi pengaruh yg baik"


ya Tuhan aku tahu kalau Waktu-Mu sudah tiba Tuhan akan berika hati yg baru dan roh yg baru buat kami,
hati yg baru untk menyembah dan menyenangkan hati Tuhan....

0 ulasan:

Posting Komentar